Mengubah Storage Engine Default XAMPP

Buat yang ngubek-ngubek tentang database MySQL, ada kalanya kita butuh ngerubah storage engine kita dari MyISAM ke InnoDB, atau sebaliknya. Kebetulan kalo punya gw, XAMPP-nya 1.7.3 dan ini punya storage engine default MyISAM. Bedanya apa buat kedua hal ini?! Hmm… secara teori banyak c…
Cuma kalo praktisnya, yang gw rasain kemaren kayak yang diliatin gambar2 berikut:
Struktur dengan storage engine MyISAM:
2. MyISAM
Struktur dengan storage engine InnoDB:
1. InnoDB
Lihat kan?! Enggak?! Hmmm… gimana yah… Intinya itu ada di pemberian foreign key. Berhubung kemaren2 gw punya kerjaan yang make sebuah framework, terus salah satu fungsi si framework ini yaitu buat ngebangun model dari struktur tabel yang ada. Jadi ceritanya, model yang kebentuk bakal langsung ngikutin struktur tabel. Termasuk foreign key-nya. Cuma, si foreign key ini gak bakal kebaca kalo pake storage engine MyISAM. Cuma kebaca pake kalo pake storage engine InnoDB.
Uhmmm,, dan ini berlaku juga kalo lo make Netbeans buat visual database editor.
3. Foreign Key Netbeans
Foreign key-nya (yang gw highlight), cuma bakal kebaca kalo pake storage engine InnoDB. Storage engine ini sifatnya per-tabel. Jadi kalo mau ngubah yaaa atu-atu. Bukan per-database. Mungkin ada, tapi yaaa gw belum tau c caranya. Kalo mau ngubah, pilih dulu tabel yang mau diubah tipe-nya, terus pilih tab “Operation” (gambar palu ama kunci inggris gitu). Dan ntar bakal keliatan gini:
4. Storange Engine Struktur Tabel
Kalo udah gini, tinggal ubah “Storage Engine” dari “MyISAM” ke “InnoDB”. Pilihan ini bisa juga dipilih pas waktu bikin table. Adanya di bagian bawah, dan biasanya terlupakan. Biasanya cuma langsung next-next ajah c… Apalagi kalo dari awal project manager-nya gak nyebutin kalo spek storage engine-nya musti InnoDB atau tipe tertentu. Defaultnya yaaa tergantung mesin masing-masing programmer/database engineer.
Terus, karena waktu itu gw pas di pertengahan jalan ama si project manager-nya disuruh buat ngeganti tipe tabel jadi InnoDB semua dengan alasan integrasi, jadi yaaa sudah. Berhubung ada tabel lain yang musti ditambahin, baiknya c storage engine default diganti beneran jadi InnoDB. Jadi pas bikin tabel di awal gak usah milih2 tipe lagi. Langsung tekan next, udah kepilih InnoDB.
Cara ngerubahnya gini:
  • Berhubung gw pake xampp, pergi ke direktori peng-instalan xampp.
  • Buka folder “mysql”, lanjut buka folder “bin”
  • cari file “my.ini”. Buka di editor text (gw pakenya notepad++)
  • Cari baris [mysqlId]
  • Tambahin “default-storage-engine = InnoDB” kalo belum ada pilihan “default-storage-engine”. Kalo udah ada, ubah isinya dari “MyISAM” ke “InnoDB”.
5. Storage Engine Default
Share on Google Plus

About Elmirakom

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment