Installasi Gammu pada Win 7

biar ga panjang lebar yuk mulai saja bair ada saja yang aku tulis heheheh.
Sebelum dimulai hal yang mesti disiapkan adalah :
  1. Instaler Gammu 1.33 bisa di download di sini (ambil yang zip ya)
  2. Instaler xampp (untuk simpan data base gammu nieh) klo blom ada download disini
  3. Inget cuci muka ya (jangan tiru ak ya masih ada iler dah buka laptop heheheh)\
  4. Niat yang tulus iklas kepada tuhan yang Maha Esa.

Setelah semuanya siap, instal terlebih dahulu xampp nya (ane anggap sudah ngerti cara instal xampp tinggal next2 ajah) kemudian extrak gammu 1.33 yang zip tadi ke dir C:/ (#terserah anda mau taruh di drive mana saja boleh )seperti gambar di bawah ini, kemudian di rename menjadi gammu.





Setelah file gammu tadi sudah di dir C:/ hal yang berikutnya dilakukan adalah menyeting gammu biar dapat mendeteksi modem. Oh ya lupa, inget ya Modem yang digunakan harus support sama gammu. Untuk cek modem support sama gammu atau tidak dapat di cek dimari. Baik yang kita perlukan adalah file gammurc dan smsdrc kedua file ini bisa ditemukan di dir Gammu/share/doc/gammu/examples/config copy kedua file tersebut ke dir Gammu/bin. untuk lebih jelasnya bisa di lihat gambar di bawah ini



Setelah gammurc dan smsdrc di copy ke dir Gammu/bin selanjutnya yaitu mengedit isigammurc dengan klik kanan open with notepad seperti gambar di bawah ini 
yang harus diperhatikan adalah device = com24,  com24 tersebut adalah port com yang digunakan oleh modem yang akan digunakan sebagai penerima dan pengirim sms. untuk melihat port yang digunakan oleh modem dapat di cek seperti gambar di bawah ini 
pilih computer kemudian klik kanan pilih properties sehingga muncul seperti di bawah ini pilih device manager.

kemudian lihat di port (Com & Lpt) lihat port com yang digunakan oleh modem, untuk port com yang digunakan oleh modem ak yaitu port com24.

Setelah setingan gammurc di port com sudah di isi dan untuk connection dapat digunakan at115200 atau sesuaikan dengan tabel support modem yang di sediakan gammu seperti link yang sudah ak kasi diatas.
Untuk mengecek apakah modem sudah terdeteksi atau belum bisa di cek menggunakan command ketikan perintah “gammu –identify“. Jika modem sudah terbaca berarti sukses sampai tahap ini. Contoh:
Selanjutnya buat database dengan nama “sms” pada MySQL dan import file database gammu yang ada dalam direktori hasil ekstrak file .zip gammu yang benama “mysql.sql“. file database gammu berada dalam direktori:
D:\Gammu-1.32.0-Windows\share\doc\gammu\examples\sql

Edit file “smsdrc” pada bagian “device” dan “port” sesuaikan dengan “UI Interface” seperti pada fil gammurc, begitu juga pada bagian “connection” sesuaikan dengan modem/hp yang digunakan seperti pada file gammurc. Isi file smsdrc adalah sebagai berikut:
  • device = com4 ( di isi sesuai dengan settingan gammurc )
  • connection = at115200 (di isi sesuai dengan settingan gammurc)
  • user = root ( disisi sesuai setingan mysql tapi defaulnya root biasanya)
  • password =root ( diisi jika myswlnya di isi password biasanya defaultnya ga isi(
  • pc =localhost ( jika letak database di komputer local)
  • database = gammu ( nama database yang di gunakan)
  • service = SQL (service klo menggunakan databse mysql)
  • driver =native_mysql ( jika menggunakan database mysql)

Jika semua sudah di setting dan smsdrc di save. selanjutnya dilakukan memasang service gammu di windows dengan cara seperti gambar dibawah ini
jika proses pemasangan service berhasil silakan di cek dengan cara ketikkan services.msc di run maka akan muncul gambar berikut dan cek service dengan nama Gammu SMSD Service dan klik start untuk menjalankannya. oh ya jangan lupa pilih automatic start ya dengan cara klik 2 kali service dan pilih automatic



nah ini cara untuk mengkonfigurasi gammu dan menjalankan servicenya  jika sudah berjalan berarti anda sukses menginstal gammu tinggal testing kirim sms.
Jika terdapat error dapat melakukan Uninstall GammuSMSD service dengan perintah:

gammu-smsd.exe -c smsdrc -u


kemudian lakukan install ulang kembali 

gammu-smsd.exe -c smsdrc -u



Share on Google Plus

About Elmirakom

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment